Mengenal Teknologi LED sebagai Teknologi Pertanian Jepang yang Paling Mutakhir

Mengenal Teknologi LED sebagai Teknologi Pertanian Jepang yang Paling Mutakhir. Coba bayangkan oleh Anda jika teknologi LED dijadikan sebagai pengganti cahaya matahari dalam dunia pertanian. Kira-kira produk tanaman yang dihasilkan akan memuaskan atau tidak ya? Nah jika Anda penasaran mengenai hal itu, Anda bisa melihat faktanya di salah satu negara di Asia Timur yang sangat kaya akan berbagai macam inovasi yang dilakukan. Negara tersebut adalah Jepang atau yang sering disebut dengan negeri Sakura.

Ya, Jepang merupakan salah satu negara maju yang terkenal dengan perkembangan teknologinya yang mutakhir. Tentunya hal ini berdampak pada berbagai aspek, salah satunya adalah aspek pada bidang pertanian. Oleh karena itu, meskipun Jepang tidak memiliki lahan pertanian yang luas, namun produk tanaman yang dihasilkan tidak kalah dari negara-negara agraris lainnya termasuk Indonesia. Tentunya hal ini bisa dicontoh oleh beberapa negara di dunia untuk terus meningkatkan produksi pertanian dengan menggunakan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Maka dari itu, dalam ulasan kali ini kita akan mengulas mengenai teknologi LED sebagai teknologi pertanian Jepang yang paling mutakhir. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Inilah Keuntungan Teknologi LED sebagai Teknologi Pertanian Jepang yang Perlu Anda Ketahui

Teknologi LED

Teknologi lampu LED merupakan suatu teknologi pertanian Jepang yang biasa digunakan bagi pertanian yang ditanam di sebuah ruangan (indoor farming) dengan metode hidroponik ataupun tanaman yang berada di rumah kaca (green house). Teknologi yang satu ini digunakan sebagai pengganti cahaya matahari yang bisa memudahkan tanaman untuk melakukan fotosintesis walaupun tidak bisa menyerap cahaya matahari secara maksimal.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa menurut para peneliti mengemukakan bahwa lampu LED ini memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan lampu yang lain. Hal ini dikarenakan, teknologi LED yang saat ini menjadi teknologi pertanian Jepang paling mutakhir ini bisa memancarkan cahaya sekitar 8 kali lebih besar yang dinilai mampu menaikkan hasil produksi tanaman sebesar 10%. Tidak hanya itu saja, teknologi LED ini pun mempunyai spektrum yang penuh sehingga sangat cocok untuk digunakan ketika sedang melakukan pembibitan atau perawatan tanaman.

Namun untuk bisa menggunakan teknologi LED dalam bidang pertanian ini masih terbilang cukup sulit. Karena ada beberapa kondisi yang belum memungkinkan teknologi ini untuk dijadikan sebagai solusi terbaik dalam bidang pertanian, diantaranya yaitu:

  • Harga Lampu LED yang Masih Terbilang Cukup Tinggi

Salah satu alasan mengapa teknologi LED belum memungkinkan untuk digunakan secara umum yaitu harga lampu LED yang masih terbilang cukup tinggi. Sehingga, budget yang harus dikeluarkan oleh para petani lumayan sangat besar. Maka dari itu, teknologi pertanian Jepang yang satu ini belum bisa menjadi solusi terbaik dalam bidang pertanian.

  • Jangkauannya Belum Terlalu Luas

Kondisi lainnya yang menyebabkan teknologi LED belum dapat digunakan secara umum yaitu jangkauannya yang belum terlalu luas. Dalam hal ini lampu LED masih kalah saing dengan high pressure sodium, karena selain harganya lebih murah, lampu ini juga bisa menjangkau area yang lebih luas.

  • Teknologi LED Lebih Cocok Untuk Tanaman Vertikal

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua tanaman bisa ditanam secara vertikal. Sedangkan teknologi LED ini sangat cocok bagi tanaman vertikal. Tentunya ini menjadi suatu problem tersendiri sehingga teknologi pertanian Jepang ini membutuhkan riset yang lebih lanjut lagi.

Demikianlah ulasan mengenai teknologi LED sebagai teknologi pertanian Jepang yang paling mutakhir!